Home > Dasar musik komputer, Sistem komputer menghasilkan bunyi > Sistem komputer dalam menghadirkan bunyi

Sistem komputer dalam menghadirkan bunyi

Seperti kita ketahui dalam pelajaran fisika dasar bahwa bunyi yang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari melalui indra pendengaran kita adalah merupakan suatu getaran yang merambat melalui medium udara di sekeliling kita, lalu timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara komputer menghadirkan bunyi sampai terdengar melalui speaker? Jawabannya adalah di mana proses getaran tersebut atau dengan kata lain “getaran” berarti bentuk tekanan energi gelombang akustik dapat di konversi ke dalam sinyal listrik analog melalui sebuah perangkat (contohnya microphone).

Proses pengiriman tekanan getaran melalui microphone ini menghasilkan tegangan listrik biasanya dikenal dengan istilah voltase. Sebagai contoh kongkritnya adalah ketika suara diterima oleh microphone yang tersambung dengan amplifier dan dihantarkan ke speaker, Melalui cara ini, sinyal listrik yang melalui microphone tersebut dapat di rubah atau di konversi kembali menjadi suara. Ini dikarenakan adanya peristiwa perubahan voltase secara analog terhadap getaran bunyi, sinya listrik tersebut umumnya disebut dengan istilah sinyal analog.


Untuk merubah sinyal analog tersebut sehingga bisa digunakan oleh komputer maka sinyal analog tersebut harus dirubah atau dikonversi kedalam angka. Dua jenis I/O (Input/Output atau masukan/keluaran) yang berkaitan antara komputer digital dengan dunia analog. Kedua jenis ini mempunyai peran yang khusus masing-masingnya dilihat dari arah tranformasinya. Analog-to-Digital (A/D) atau Analog Digital Converter (ADC) dimana berperan untuk mengubah transformasi voltase kedalam angka, dan Digital-to-Analog (D/A) atau Digital-Analog-Converter (DAC) dimana berperan untuk mengubah transformasi angka kedalam voltase. Penjelasan sederhana mengenai konfigurasi sistem audio untuk komputer didalam memproses bunyi yang di tunjukan pada gambar 1.3

Diagram ADC/DAC

konfigurasi yang di gunakana dalam sistem audio

Penggunaan sistem audio sederhana didalam komputer adalah rekaman digital seperti yang ditunjukkan (gambar 1.3.a). A/D konverter mentransformasi sinyal analog yang masuk ke dalam bentuk digital, dan komputer menyimpan sinyal digital pada sebuah perangkat memori eksternal termasuk seperti disk, atau mesin tape alat perekam, untuk kembali diputar ulang. Komputer mendapatkan kembali sinyal digital yang tersimpan di memori dan mengirimnya kembali ke D/A konverter untuk di transformasi kembali. Low-pass filter mencegah masuknya komponen bunyi yang tidak diinginkan.

Rekaman digital memiliki beberapa keuntungan dibanding analog salah satunya. Medium rekaman menyimpan angka lebih baik daripada sebuah sinyal analog yang menawarkan noise lebih tinggi di dalam performa nya dan melindungi bunyi secara efektif untuk melawan degradasi selama penyimpanan dalam jangka panjang. Seperti kita ketahui menghapus, menyalin sebuah rekaman digital mempertahankan ketelitian dan kemurnian terhadap aslinya.

Konfigurasi pada gambar 1.3.a juga di gunakan dalam aplikasi signal processing (memproses sinyal), kemampuan komputer untuk memodifikasi sinyal sebelum di proses oleh D/A konverter untuk di konversi kembali. Cara memodifikasi bisa sangat sederhana yaitu dengan mencampur sinyal yang diaplikasikan saat itu terhadap input sinyal digital sebelumnya yang tersimpan di memori eksternal.

Komputer juga dapat di pogram untuk menganalisa sinyal (gambar 1.3.b). ketika dioperasikan sebagai sebuah penganalisa sinyal (signal analyzer), komputer mengambil sebuah sinyal digital dan secara matematika ditetapkan karakteristiknya. Untuk contohnya sebuah analisis komputer dapat mengungkapkan secara akustik karakteristik logat suara “bicara”. Kemapuan analisa komputer menjadikannya sebagai alat yang menakjubkan bagi peneliti dalam bidang pskikoakustik. Bagi musisi analisa melalui komputer memberikan informasi yang berharga tentang proses akustik dan dapat digunakan sebagai dasar peniruan (synthesis) bunyi musikal.

Kemampuan komputer lainnya adalah komputer digunakan untuk meniru bunyi (synthesis sound) pada gambar 1.3.c melalui proses penghitungan sebuah urutan angka yang berhubungan dengan bentukgelombang (waveform) untuk bunyi yang diinginkan. Dalam model ini, semua yang diperlukan sebagai tambahan bagi komputer adalah D/A konverter dan ini diasosiasikan sebagai low-pass filter. Pengaturan ini merupakan konfigurasi minimum untuk tujuan komputer-menghasilkan audio.

Istilah nama direct digital synthesis diberikan sebagai proses untuk merealisasikan bunyi dengan menggunakan perangkat keras digital untuk mengkalkulasi bentukgelombang (waveform). direct digital synthesis mempunyai keuntungan dibanding perangkat keras analog yaitu tingkat keakuratan, kemampuan untuk di ulang-ulang, dan hal-hal umum lainnya. Sinyal didalam komputer mempunyai tingkat akurat yang sangat tinggi dan atribut serta waktu dari bunyi yang dihasilkan dapat direalisasikan secara akurat. Karena nilai menurut angka dengan kemampuan mempertimbangkan keakuratannya yang presisi mampu dengan mudah menjelaskan nya. Karena ketika komputer mengeksekusi memberikan sebuah daftar dari intruksi dan data , ini akan menghasilkan hasil yang sama walaupun di ulang – ulang. Peniruan digital memungkinkan musisi untuk mengendalikan langsung atas tingkat dan karakter termasuk pengacakan didalamnya. Salah satu tantangan dalam bunyi tiruan adalah penetapan algoritma untuk menghasilkan bunyi yang diinginkan. Banyak model peniruan berbasis pada analisisi alam bunyi, tetapi banyak musisi memodifikasi analisa untuk menghasilkan ektensi bunyi baru.


Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: