Home > Elemen Umum di Puredata > Elemen Umum di Pd

Elemen Umum di Pd

Sebelumnya kita telah mengenal Menu dan panel Pd, setidak tidaknya telah memunculkan elemen umum yang sering di gunakan di dalam Pd. Mari kita sorot kembali. Sebelumnya kita menggunakan tiga jenis kotak yang berbeda:Object/objek ,Message/Pesan, dan Number/Angka.

Object/Objek

kotak objek

Message/Pesan

kotak pesan

Number/Angka

kotak angka

kotak object/objek adalah persegi empat, kotak message/pesan mempunyai ciri khas di sisi kanannya yang cekung kesalam, dan kotak angka mempunyai ciri yang khas dimana di sudut atas sisi kanan bengkok ke arah luar.

Semua kotak mempunyai inlet dan outlet. Inlets berada di posisi atas dan outlet berada di posisi bawah. Menurut aturannyalia harus menyambungkan outlets ke inlets. Mode Edit adalah memprogram dan mode execute/eksekusi adalah menjalankan program.

Kursor mouse pada saat Edit/Penyunting mode.

Kursor mouse pada saat Execute/Eksekusi mode.

Kembali kita lihat lebih dekat lagi, dimana “kabel” koneksi mempunyai dua jenis ciri yaitu “kabel” yang tebal dan “kabel” yang tipis. Objek dan kabel tebal yang keluar melalui objek osc~ adalah sinyal. “kabel” tebal merupakan tranmisi sinyal, sebaliknya “kabel” tipis hanya mentransmisi kontrol data. Dengan “Compute audio” pada jendela utama pd konsol. Kita mentetapkan apakah sinyal tersebut akan dikirim atau tidak dengan memberi centangan untuk mengirim sinyal dan memilih tidak mencentangnya untuk tidak mengirim sinyal.

perbedaan konkesi sinyal dan koneksi data

Objek pertama yang kita buat adalah “osc~ 880”, dimana ini merupakan sebuah osilator dan kita mendengar bunyi sinus 880Hz (arti Hertz akan di jelaskan nanti). Kemudian membuat kotak angka dan mengisinya dengan angka baru, yang menyebabkan frekuensi yang didengar ikut berubah. Ini merupakan struktur dasar di dalam Pd; setiap objek telah memiliki sebuah nama, dan diikuti spasi lalu kemudian diikuti sebuah argumen (dalam kasus ini argumennya adalah 880Hz)

kita juga bisa memasukan informasi di dalam kotak angka maupun kotak pesan. Kotak pesan juga mengijinkan memasukan data berupa huruf atau biasanya di sebut dengan symbols. Kesemua informasi merujuk padaAtoms. Sebuah atom muncul pada kotak pesan dan kotak angka, apa itu atom akan di bahas nanti. Istilah penting lainnya untuk program yang kita tulis disebut patch. Sebuah patch muncul pada latar kosong yang berwarna putih dimana saat kita menulis sebuah program. Latar putih ini disebut juga kanvas atau canvas.

Catatan Singkat:

  • terdapat dua mode: mode Edit dan mode Eksekusi (pergantian kedua mode tersebut dengan cara perintah shortcut Ctrl+e atau pada menu Edit > Edit mode.

  • Secara otomatis jika kita mengaktifkan “compute audio” maka secara otomatis sinyal yang telah terkoneksi di dalam pacth akan aktif dengan sendirinya.

  • Setiap objek pada umumnya mempunyai satu atau beberapa argumen dimana dapat merubah masukan atau input yang digunakan.

  • Sebuah pesan dengan nilai yang sudah pasti akan dijalankan pada mode eksekusi dan akan disimpan bersama patch. Ketika kita mengklik kotak pesan maka secara langsung isi dari pesan tersebut terkirim ke semua objek melalui outlet dari kotak pesan tersebut. Berlawanan dengan kotak angka dimana nilainya bisa dirubah walupun dalam keaadan mode eksekusi dan semua nilainya tidak di simpan.

DaftarHelp/Pertolongan mengenai penjelasan fungsi  setiap objek

Jika kita klik permukaan latar yang berwarna putih atau “kanvas” dengan tombol kanan mouse dan buka menu Help, semua daftar objek akan muncul.

Langkah 1 klik kanan pada tombol mouse di area kosong yang berwarna putih atau “kanvas”

maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

File Help

Cara kedua ialah dengan klik kanan mouse di arahkan langsung terhadap kotak objek, kotak pesan, kotak angka dan kotak lainnya untuk mendapatkan file Help tentan kotak yang dimaksud.

File Duplikat

Untuk membuat duplikat setiap kotak yang diperlukan adalah dengan cara klik pada kotak yang dikehendaki untuk di duplikat lalu tekan Ctrl+d.

Komentar

Untuk membuat komentar sebagai catatan atau pengingat dengan cara melalu menu Put > Comment atau langsung tekan Ctrl + 5

Sekilas Atoms

Sebuah pesan untuk sebuh objek terdiri dari dua bagian yaitu dengan sebuah metode penunjukan (seleksi) dan kosong, satu , atau beberapa nilai (argumen). Sebagai contoh, jika nilai pesan “5” maka kemudian secara aktual nilai pesan mejadi “float 5” dan atom terdiri dari float dan “5”. pesan “bang” hanya terdiri dari selector tanpa ada nilai argumen. Pesan “1 2 3 4 5” aktualnya pesan berisi “daftar 1 2 3 4 5”. terdapat tiga jenia atom : sebuah angka (bahasa pemograman=float) dengan nilai 32-bit, sebuah symbol termasuk string untuk huruf, dan sebuah pointer seperti alamat. Pesan “float 5” merupakan komposisi dua jenis penandaan symbol dan float. Jenis symbol mempunyai nilai float (sebuah string) dan jenis float mempunyai nilai “5”.

Berikutnya kita akan meneruskan pembahasan tentang Tingkat Pengedalian/ Controlling level di Kategori Tingkat Pengendalian Pada Pure data

Salam Hangat

======pukulsesuatu==========================
klik di bawah sini untuk memilih Kategori

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: