Home > Mengenal Menu dan Panel Pd > mengenal menu dan panel Puredata

mengenal menu dan panel Puredata

Ketika membuka aplika Pd secara otomatis akn terbuka jendela utama (konsol), untuk membuka sebuah program baru, klik file menu > new atau melalui perintal CTRL+n

jendela pd konsol utama

Sebuah jendela baru terbuka, untuk memasukan objek baru kedalamnya melalui menu Put dan klik Object atau dengan perintah CTRL+1 .

jaendela pd

Kita akan melihat sebuah kotak berwarna biru setelah memasukan objek kedalam program pd

meletakan objek

kemudian klik dengan mouse dimana saja tempatkan objek kotak biru tersebut pada permukaan kosong yang berwarna putih di jendela yang baru saja terbuka kemudian klik kiri pada mouse diluar objek kotak biru hingga berubah warna menjadi merah.

selesai membuat objek

kemudian ketikan didalam kotak tersebut osc~ 880

inlet dan outlet

jika kamu letakan kursor mouse pada inlets atau oulets maka akan muncul tanda bulatan.

Sekarang klik pada outlet kemudian tarik dan pindahkan dengan keaadaan tombol mouse ditekan

menarik outlet

tetapi dikarenakan kita belum membuat objek yang sama untuk menerima kabel ini, maka kita harus membuat objek lainnya dengan cara sama seperti yang dijelaskan sebelumnya dan ketikan dac~, lalu kita tarik kabel pada outlet osc~ 440 ke kedua inlet dac~

menyambungkan objek osc ke objek dac

ampai kesemua inlets pada dac~ menerima kabel dari outlet osc~ 880

pada jendela utama/konsol pd, centanglah pada “compute audio” dan kita akan memdengar suara sinus 880Hz.

Aktifkan dac pada layar konsol utama

Sekarang buatlah objek baru yaitu number dengan cara pada menu Put Number atau dengan perintah shortcut Ctrl+3 dan pasangkan outlets dari “Number” ke inlet “osc~ “ dan rubahlah kedalam “mode eksekusi” melalui menu edit >(Edit mode) atau dengan perintah shortcut Ctrl+e; dan tanda kursor berubah menjadi panah.

Kita akan mendengar perubahan nada dengan klik pada objek Number sambil menekan tombol mouse dan menggeser mouse keatas untuk menaikan nilai dan mengeser ke mouse ke bawah untuk nilai lebih rendah atau dengan mengetikan angka yang dikehendaki pada keyboard dan tekan Enter.

Pada sesi ini Kita akan belajar juga bagaimana cara menghapus koneksi caranya yaitu dengan kembeli ke “Edit mode” dan klik pada “kabel” sambungan/koneksi antara osc~ dan dac~, maka kabel akan berwarna biru dan tanda kursor berubah menjadi silang

memutus koneksi kabel

Lalu ke menu Edit > Cut atau dengan menekan BACKSPACE yang secara langsung menghapus sebuah koneksi, potong atau cut koneksi yang ke dac~ dan buatlah objek lainnya “* 0~” seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini.

Atau dengan cara dengan cara memilih beberapa bagian objek kita bisa mengatur posisi tiap -tiap objek atau memotongnya dengan menu > Cut atau dengan menekan BACKSPACE.

seleksi penyuntingan

Setelah pada posisi yang kita inginkan klik ke ruang kosong yang berwarna putih. Sekarang kita menambahkan dua objek pesan/message dengan cara menu Put>Message atau dengan perintah shortcut Ctrl+2. Yaitu dengan memasukan 1 pada pesan pertama dan 0 pada pesan yang lainnya.seperti gambar dibawah ini.

Ganti kembali ke mode eksekusi menuEdit> Edit mode atau CTRL+e dan klik pesan 1 akan menghasilkan bunyi dan pesan 0 akan mematikan bunyi.

Berikutnya adalah pengenalan elemen umum dalam Pd, yang akan di bahas dalam kategori berikutnya.

Salam hangat

Pukul sesuatu@gmail.com
klik di bawah sini untuk memilih Kategori

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: